Headlines News :
purbalingga
Home » » Wow.. BATAN Tanda Tangani Kerjasama dengan Pemkab. Apakah Akan Ada Pemanfaatan Nuklir di Purbalingga?

Wow.. BATAN Tanda Tangani Kerjasama dengan Pemkab. Apakah Akan Ada Pemanfaatan Nuklir di Purbalingga?

Written By Kabare Bralink on Saturday, May 6, 2017 | 4:27 PM

PURBALINGGA – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam rangka pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir. Kerjasama BATAN dan Pemkab ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan di Ruang Operation Room Graha Adiguna, Rabu (3/5) yang dilanjutkan dengan Sosialisasi Nuklir untuk Kesejahteraan.

Sekretaris Utama BATAN, Falcony Margono mengatakan MoU yang dilakukan antara BATAN dan Purbalingga guna mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh Pemkab Purbalingga. Selain itu penandatanganan tersebut bertujuan untuk memanfaatkan hasil-hasil riset, ilmu pengetahuan dan tenaga nuklir dalam mendukung perkembangan berkelanjutan di Purbalingga.

“Dengan potensi SDM yang ada di Purbalingga kita dapat memanfaatkan hasil riset dan ilmu pengetahuan untuk perkembangan Purbalingga,” ungkapnya.

Ruang lingkup kerjasama antara BATAN dan Pemkab Purbalinga yakni di sektor penelitian, pengembangan, dan perekayasaan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu sektor lain yang dijadikan lingkup kerjasama juga mencakup pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kesehatan dan lingkungan, imbuhnya.


Di sisi lain, Falcony berharap dengan kerjasama yang telah dilakukan dengan Pemkab bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dimana dapat memanfaatkan bantuan, tenaga ahli ataupun teknisi yang ada. Sehingga kerjasama dapat berjalan dengan baik antar kedua belah pihak dan masyarakat dapat mengenal manfaat nuklir, katanya.

“Jadi kita mengenal nuklir tidak hanya untuk persenjataan atau perang saja melainkan untuk perdamaian juga kesejahteraan masyarakat,” ujar Falcony.

Deputi Pendayagunaan Teknologi Nuklir BATAN, Hendig Winarno dalam sosialisasi juga menerangkan ada berbagai aplikasi teknologi nuklir yang digunakan di beberapa sektor kehidupan. Hal tersebut menilik kondisi dan permasalahan yang ada maka dibutuhkan solusi yang tepat sebagai upaya pemecahan masalah.

“Ternyata nuklir mampu menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan yang timbul di beberapa sektor kehidupan salah satunya sektor pertanian,” kata Hendig.

Bupati Purbalingga, Tasdi menyampaikan dengan adanya MoU antara BATAN dan Pemkab, masyarakat dapat mengenal berbagai manfaat dari tenaga nuklir yang dapat diterapkan di berbagai elemen kehidupan. Dengan hadirnya pakar pendidikan, pertanian, kesehatan, juga pakar lainnya maka diharapkan dapat mengembangkan nuklir di berbagai sektor kehidupan khususnya di Purbalingga, harap Tasdi.

“Seperti halnya pada bidang pertanian, varietas Sidenuk bisa memberi kesejahteraan bagi masyarakat Purbalingga,” harap Tasdi.

(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis