Headlines News :
purbalingga
Home » , » Peringhati HUT Jateng, Purbalingga Turut Serta Kirimkan Tim Kesenian Karnaval Budaya

Peringhati HUT Jateng, Purbalingga Turut Serta Kirimkan Tim Kesenian Karnaval Budaya

Written By Kabare Braling on Monday, August 28, 2017 | 8:26 AM

PURBALINGGA - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah yang ke 76, Purbalingga kembali mengirimkan tim kesenian karnaval budaya. Karnaval yang bertempat di Kabupaten Jepara menempuh jarak kurang lebih dua kilometer. Karnaval yang biasanya dilakukan pagi hari, kali ini dilakukan pada malam hari, sehingga penonton pun berjubel memadati sepanjang jalan yang dilalui pawai karnaval, Jum'at (25/8).

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga, Sri Kuncoro mengatakan tema yang diangkat pada pawai budaya merupakan perpaduan musik lokal, tarian lokal dan pakaian lokal. Musik mengunakan seperangkat gamelan, pakaian menggunakan pakaian batik motif goa lawa, dan tarian kontemporer yang menggambarkan pesona wisata goa lawa.

Dengan tampilnya Purbalingga dalam pawai budaya tersebut diharapkan bisa mengangkat nama Purbalingga di kancah Jawa Tengah. Duta Purbalingga berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Purbalingga,” kata Kuncoro, Sabtu (26/8).

Salah seorang juri karnaval Agung yang juga dosen sekolah tinggi seni Indonesia (STSI) Solo, mengatakan penampilan rata-rata dari kabupaten / kota atraktif dan menarik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa komponen penilaian yang dilakukan oleh juri, antara lain busana, kareografi, musik, keserasian dan aksesoris yang ada. Lebih utama kemudian mengangkat kearifan lokal masing-masing kabupaten/ kota.

Cuma ada beberapa kontingen yang menggunakan kendaraan bermotor, sehingga dapat mengurangi penilaian performa yang sudah baik,” katanya.

Salah seorang pengunjung, Wahyudi mengatakan kegiatan karnaval sangat meriah, dan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat terutama kaum ibu-ibu dan anak-anak banyak berselifie ria dengan para peserta terutama yang mengenakan batik Carnival. “Setelah selfie nantinya akan diupload di media sosial,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui kegiatan peringatan hari jadi Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 dipusatkan di Kabupaten Jepara. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pameran expo Dekranasda, Pawai Budaya, pawai Dekranasda serta berbagai hiburan yang dipusatkan di Alun-alun Jepara.

(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

1 comments:

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis