Headlines News :
purbalingga
Home » » Selamat...! Akhirnya Purbalingga Sabet Juara I DuMa Tingkat Provinsi

Selamat...! Akhirnya Purbalingga Sabet Juara I DuMa Tingkat Provinsi

Written By Kabare Braling on Friday, August 25, 2017 | 8:26 AM

PURBALINGGA - Purbalingga untuk pertama kalinya meraih penghargaan juara 1 duta mahasiswa generasi berencana (Duta Genre) tahun 2017 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Duma genre diikuti oleh 35 kabupaten / kota se Jawa Tengah bertempat di Hotel Horison, Semarang selama 3 hari sejak Selasa (22/8) sampai Kamis (24/8). Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan dua pasang Duma Genre yakni utusan masyarakat dan utusan pendidikan atau sekolah.

Kasi kesejahteraan keluarga, pada Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdalduk KB P3 ), Puji Sri Rahayu mengatakan juara 1 Duma Genre didapat oleh Ilham Dwi Hatmawan dari pusat informasi konseling remaja (PIK R) Ar Rahman Kecamatan Bukateja. Kemudian untuk putri Purbalingga juga menorehkan juara 2 atas nama Karenina Samantha Shan dari PIK R Mandhani Sisi Kecamatan Purbalingga. Keduanya merupakan katagori Duma dari masyarakat.

Dengan Juara 1, maka Purbalingga akan lanjut mewakili Jateng ke tingkat nasional,” katanya, Kamis (24/8)

Tujuan lomba duma genre menurut Puji menyebarkan secara luaskan program genre di tengah-tengah masyarakat antara lain penundaan usia perkawinan bagi remaja atau diharapkan tidak melakukan pernikah dini, tidak melakukan seks bebas dan tidak menggunakan penyalahgunaan pemakaian narkoba. Remaja diharapkan dapat merencanakan pernikahan yang ideal dan menjadi contoh remaja dilingkungannya.

Remaja juga diharapkan menjadi remaja yang tegar dalam menghadapi permasalahan remaja yang kompleks. Duma Genre juga diharapkan dapat menjadi generasi emas, remaja yang berpendidikan tinggi dan setelah selesai pendidikan mempunyai pekerjaan yang baik,” katanya.

Sedangkan Duma Genre jalur pendidikan tidak masuk nominasi, yakni atas nama Zakir Andiko Ramadhani dari Kecamatan Bobotsari PIK R Mahasiswa Unsoed, dan Lulu Atun Nafisah dari Kecamatan Kertanegara PIK R mahasiswa unsoed. Penyerahkan penghargaan dilakukan oleh kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jateng, Wagino.

Sedangkan peraih juara 1 Duma Genre Putra, Ilham merasa bersyukur kepada Tuhan yang maha esa berkat ridlo dan karunia-Nya bisa menjadi juara 1 dan akan mewakili Provinsi Jawa Tengah di tingkat nasional.

Alhamdulillah berkat perjuangan dan doa seluruh masyarakat Purbalingga sehingga kita bisa menjaga nama baik purbalingga dengan maksimal,” katanya.

Untuk juara 2 Duma Genre putri, Samantha mengatakan, sangat senang karna bisa membawa nama baik Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah. Perlombaan disana dengan penuh perjuangan dan rasanya apa yang diusahakan selama ini benar-benar membuahkan hasil. Jika berjuang dengan sungguh-sungguh pasti akan memberikan hasil yang terbaik, apapun itu hasilnya.

Sebelumnya terimakasih banyak kepada yang sudah mendoakan dan mendukung kami semua perwakilan Kabupaten Purbalingga yang kemarin, ternyata Purbalingga bisa, Purbalingga hebat,” pungkasnya.

Nah, kayak kie ya, Lur... bibit-bibit masa depan Purbalingga sing perlu diuri-uri lan perlu diteruskan.

(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis