Headlines News :
purbalingga
Home » , » Untuk Kali Pertama, Purbalingga Raih Juara Dekranasda Carnival Meski Harapan 2

Untuk Kali Pertama, Purbalingga Raih Juara Dekranasda Carnival Meski Harapan 2

Written By Kabare Braling on Monday, August 28, 2017 | 8:53 AM

PURBALINGGA - Sejak diselenggarakanya lomba Dekranasda Carnival lima tahun yang lalu, Purbalingga kali pertamanya mendapatkan juara harapan 2. Lomba kali ini diikuti oleh 23 Kabupaten / Kota, se Jawa Tengah dengan menampilkan seni busana yang memuat unsur lokal, kerapian, dan performa tiap kontingen.

Sedangkan untuk juara harapan 1 dan 3 didapatkan oleh Kabupaten Rembang dan Klaten. Juara 1 diperoleh Kabupaten Wonosobo, juara 2 Kabupaten Blora dan Juara 3.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan kalau setiap daerah bisa membuat pesta carnival, maka daya tarik wisatanya akan naik. Pemprov berkeliling ke Banyumas keemudian Jepara dan eks karesidenan yang lain semata-mata untuk merangsang penampilan daerah agar mampu mengeluarkan kreativitasnya dan inovatifnya.



Dari tahun ke tahun Dekranasda Carnival semakin bagus dan sehingga orang akan hadir, sehingga menumbuhkan daya pikat pariwisata bagi kabupaten / kota yang ketempatan,” kata Ganjar, saat penyerahan penghargaan lomba, Sabtu (26/8 ).

Adanya lomba, menurut Ganjar juga dapat menimbulkan ekonomi kreatif, dimana multi media ikut tampil dan pertunjukan yang dikemas oleh anak muda juga bisa tampil. Kreativitas anak muda yang mempunyai ide memadukan seni tradisional dan seni modern, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat terutama generasi muda untuk mencintai seni dan kesenian.

Sedangkan ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda ), Ny. Erni Tasdi mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas prestasi yang tim Carnival. Jerih payahnya bisa terbayar karena mendapatkan juara walaupun masih juara harapan dua.

Namun prestasi ini sudah membanggakan karena telah mengharumkan nama Purbalingga di tingkat Jawa Tengah,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui dua putra dan putri Bupati Purbalingga ikut menjadi peserta carnival, yakni Sena Akbar Kartika Dewantara memakai kostum raja lawa dan Mega Putri Yustiantika Dewantari memakai kostum den ayu bathok. Selain itu juga ditampilkan kostum srikandi bulu mata, kostum putri pithi, kostum Arjuna sapu Glagah dan kostum raja knalpot.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis