Headlines News :
purbalingga
Home » , » Ayo Berjejaring dan Saling Bantu di Purbalingga

Ayo Berjejaring dan Saling Bantu di Purbalingga

Written By Kabare Bralink on Monday, September 11, 2017 | 10:09 AM

Salam Jari Satu, Jejaring Saling Bantu
Purbalingga – Relawan Peduli Purbalingga (RPP) bekerjasama dengan Warung Ikhlas, RS PKU Muhammadiyah dan Rejo Mulyo Grup mengadakan kegiatan bakti sosial di Desa Serayu Larangan, Kecamatan Mrebet, Minggu (10/09). Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya,  pengobatan dan cek kesehatan gratis, pembagian paket sembako, warung iklas, bazar baju layak pakai dan temu relawan sosial.

Acara yang diberi tajuk Bakti Sosial Jari Satu (Jejari Saling Bantu) itu berlangsung lancar dihadiri oleh warga Desa Serayu Larangan yang berbondong-bondong datang ke areal balai desa sejak pagi. Ratusan warga antri untuk mendapatan pengobatan gratis, cek kesehatan atau mendapatkan voucher USG untuk ibu hamil. Sebanyak 140 paket sembako juga diserahkan kepada warga kurang mampu.

Setelah itu mereka bisa mendapatkan nasi kotak dengan menu sehat yang hanya membayar seikhlasnya. Lalu, warga juga bisa membeli baju layak pakai juga dengan membayar seikhlasnya.

Sebelum Pembagian Sembako
Kepala Desa Serayu Larangan Krisno Yuwono mengaku gembira dengan kegiatan tersebut. Ia menyampaikan apresiasi kepada para pegiat sosial yang menyelenggarakan bakti sosial di desanya. “Warga kami sangat terbantu dengan kegiatan tersebut, atas nama warga Desa Serayu Larangan mengucapkan terima kasih,” katanya.

Ketua RPP Martin Ujianto menyatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk ‘mewabahkan’ gerakan saling bantu di Purbalingga. “Saya yakin banyak warga yang ingin berkegiatan sosial dengan kemampuan yang mereka miliki. Banyak juga komunitas yang bergerak di bidang sosial. Jika bersinergi, energi dan perubahan positif yang dihasilkan akan lebih besar,” katanya.

Menurutnya, Bakti Sosial Jari Satu akan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan lebih banyak kegiatan serta melibatkan lebih banyak pihak. “Kita berupaya membuat semakin banyak orang yang mau menjadi pelaku saling bantu,” katanya.

Martin menambahkan dengan bersinergi dan saling bantu maka berbagai persoalan sosial yang ada di masyarakat bisa teratasi. “Bergerak sendiri penuh keterbatasan, jika bersinergi penuh inspirasi dan solusi,” ujarnya.
Pengobatan Gratis
Sebagai informasi, Relawan Purbalingga Peduli adalah wadah dan jejaring berbagai komunitas sosial yang ada di Purbalingga. Komunitas yang bergabung diantaranya Sedekah Negeri, Lazis Muhamadiyah, Lazis NU, Baznas, PMI, Paguyuban Ketimbang Ngemis, Warung Ikhlas, Siaga Ambulan dan lainnya serta individu yang mau berkegiatan sosial. Kegiatan RPP yang utama adalah pendampingan pasien mulai dari hulu ke hilir, seperti penyediaan ambulans dan pendampingan , konseling, membantu mengurus birokrasi kesehatan sampai bantuan finansial bagi pasien.


Warung Ikhlas Keliling

(Redaksi Kabare Bralink)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis