Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Kopi Merdeka Dinilai Salah Satu Cara untuk Memperkenalkan Potensi Lokal

Kopi Merdeka Dinilai Salah Satu Cara untuk Memperkenalkan Potensi Lokal

Written By Kabare Bralink on Monday, September 11, 2017 | 1:45 PM

PURBALINGGA – Saat ini, kopi telah menjadi salah satu budaya di masyarakat kekinian. Aktivitas ngopi bukan lagi milik kalangan orang tua, namun sudah menjadi budaya bagi kaum milienial. Semakin digemarinya kopi, saat ini muncul berbagai inovasi. Tak terkecuali di Purbalingga, kopi sepertinya sudah mengakar dan menjadi sebuah teman yang asyik untuk bersantai, bahkan mencari inspirasi.

Kota Perwira bisa turut ambil bagian dalam budaya ngopi ini. Terutama dalam hal memasok kopi khas Purbalingga. “Namun prosesnya masih sangat panjang,” kata Ashari, barista dari Kopikalitas saat gelaran Kopi Merdeka, Minggu 10 September 2017.

Proses yang dimaksud Ashari itu ialah mulai dari pemilihan bibit yang tepat, perawatan tanaman, waktu pemetikan, pengolahan biji kopi hingga distribusi. Rangkaian proses itu harus dijalankan secara berkelanjutan dan terintergrasi.

Purbalingga sendiri masih didominasi oleh kopi jenis robusta, sedangkan kopi jenis arabica hanya ada di daerah Gunung Malang. "Jika kita mau, Purbalingga juga masih punya potensi untuk menyuplai kebutuhan pasar kopi ini," kata Ashari yang punya banyak pengalaman menguji kopi.

Kopi Merdeka merupakan event yang digagas oleh Purbalingga Business Center dan Owabong Waterpark. Selain Kopikalitas, Kopi Merdeka menghadirkan Sapa-sapa dan Adventure Coffee untuk mengolah kopi robusta khas Purbalingga bagi pengunjung.

Di bawah bioskop pesawat yang temaram oleh sorot lampu, Kopi Merdeka sajikan musik akustik dari Arie and Friends, Imagine Band, Sheila Gank serta ada pamer produk dari pelaku UMKM dan Seniman Sablon Purbalingga.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengapresiasi Kopi Merdeka. Wabup Tiwi melihat bahwa agenda semacam ini akan mampu merangsang geliat bisnis yang digawangi oleh anak muda Kota Perwira.

"Anak-anak muda yang memulai mengembangkan usaha ini perlu diapresiasi, sebab kedepan mereka yang bisa secara nyata mengentaskan warga Purbalingga dari pengangguran," kata Wabup Tiwi.

Direktur Owabong Waterpark, Hartono menjelaskan, Kopi Merdeka merupakan bagian dari upaya Owabong untuk memperkenalkan potensi lokal. "Kami membungkusnya dengan atraksi wisata dengan harapan bisa menambah nilai jual potensi lokal ini," kata Hartono.

Melihat apresiasi pengunjung dan berbagai pihak yang berkolaborasi dalam Kopi Merdeka, Owabong Waterpark siap untuk kembali meluncurkan event serupa. "Tentu saja, kami harus memberikan kemasan yang baru lagi," imbuh Hartono.

Chief Executive Officer (CEO) Purbalingga Business Center, Afit Setiyadi menyebutkan semangat dari Kopi Merdeka adalah kampanye produk lokal serta kolaborasi pelaku usaha dan pelaku seni di Purbalingga.

"Kesuksesan Kopi Merdeka ini membuktikan kalau pelaku usaha sangat welcome untuk bekerjasama memperkenalkan Purbalingga dan segala potensinya," kata Afit Setiyadi.


(Kabare Bralink/BW)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis