Headlines News :
purbalingga
Home » » Peduli Sesama, Erni Tasdi Jenguk Orang Cacat Lahir dan Penderes yang Terjatuh

Peduli Sesama, Erni Tasdi Jenguk Orang Cacat Lahir dan Penderes yang Terjatuh

Written By Kabare Braling on Friday, January 19, 2018 | 4:09 PM

PURBALINGGA - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga, Erni Widyawati Tasdi menjenguk Sutinah(51), warga Desa Karangreja RT 4 / 2 , Kecamatan Karangreja yang menderita cacat fisik atau kelainan sejak lahir, Kamis (18/01/2018). Erni yang didampingi Sekertaris Dinas Kesehatan Purbalingga Umar Faozi, kepala Puskesmas dan kepala desa setempat juga memberikan sepaket bantuan.

Dia (Sutinah-red) sejak saya kecil kondisinya seperti ini, dulu dirawat ibunya”, kata Erni.

Kondisi Sutinah sangat memprihatinkan, setelah ibunya meninggal ia dirawat oleh Saturji (71) ayahnya. Namun, Saturji yang merawatnya juga sedang sakit. “Sudah beberapa bulan ini tak bisa jalan,” ungkap Samini (55), anak tiri yang merawatnya keduanya.

Selain itu, rumah yang ditinggali Sutinah juga kurang layak, Sutinah tidur di tempat tidur tak beralaskan kasur, sedangkan ayahnya tergeletak diatas tanah beralaskan karpet. Sujarwo, Kades Karangreja mengatakan melalui Dana Desa (DD) akan mengusahakan untuk merehab minimal dinding dan lantainya.

Sudah diajukan untuk masuk RTLH namun terkendala tanahnya,” ungkapnya.
Bantuan lainnya dari Puksesmas Karangreja yaitu berupa beras yang dapat diambil setiap bulan.

Kami juga akan berikan kasur dan perlak,” kata Kepala Puskesmas Karangreja, Suswanto. Sekertaris Dinas Kesehatan Purbalingga, Umar Faozi mengatakan Sutinah mengalami kelainan kongenital. “Kelainan sejak lahir, kondisi ayahnya juga sudah tua jika mau sebaiknya dirawat di Panti ,” ungkapnya.

Erni berpesan untuk pemerintah desa agar berkoordinasi dengan dinas terkait agar mereka mendapat perhatian lebih. “Jadi ada pendamping Program Keluarga Harapann (PKH),” katanya. Sebelumnya Erni juga memberikan bantuan kepada Sutaryo (47) warga Desa Pengalusan, Mrebet, penderes yang lumpuh setelah jatuh dari pohon kelapa.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis