Headlines News :
purbalingga
Home » » Mantap, Bupati Janji Ubah Sampah Jadi ‘Mutiara’

Mantap, Bupati Janji Ubah Sampah Jadi ‘Mutiara’

Written By Kabare Braling on Wednesday, March 14, 2018 | 9:41 PM

Bupati Di Sidang Paripurna DPRD Purbalingga, Rabu (14/03) - Foto : hms

PURBALINGGA - Saat ini, Purbalingga khususnya wilayah kota tengah dirundung masalah sampah semenjak ditutupnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari. Sementara, Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah yang baru, di Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan belum siap akibatnya bertebaranlah sampah dimana-mana.

Pemerintah Kabupaten tentu saja tak tinggal diam dengan situasi dan kondisi yang sangat menganggu kenyamanan dan kebersihan lingkungan. Pemkab dan aparatnya sudah mulai melakukan pembersihan sampah yang masih menumpuk diberbagai titik; pasar, tempat fasilitas umum dan daerah perkotaan untuk diangkut ke TPA Sementara di Selabaya, Kecamatan Kalimanah.

“Saya mohon dan berharap 1 sampai 2 minggu lagi sampah di Purbalingga ini akan menjadi 'mutiara' bagi kemakmuran warga Purbalingga” ujar Bupati Tasdi saat menyerahkan LKPJ dan Perda di Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purbalingga, Rabu (14/3).

Bupati berjanji akan memproses dan mengolah sampah untuk dapat dimanfaatkan menjadi pupuk, kerajinan UMKM dan ekobrik. “Nantinya pengolahan sampah di Desa Bedagas akan seperti di daerah Pati yang dibangun secara terpadu, sehingga sampah mempunyai nilai ekonomis dan nilai kemanfaatan,” ujar Bupati.

Pemerintah pun menyiapkan berbagai insentif untuk Desa Bedagas dengan membangun berbagai fasilitas. “Nantinya akan kita bangun TPA di Bedagas sebagai tempat wisata yang sifatnya edukasi, termasuk kios-kiosnya” ungkap Bupati.

Tidak hanya itu saja Bupati juga akan memberikan penerangan lampu disemua lingkungan Desa Bedagas. “Kita punya program Desa Terang, Bedagas kita jadikan sebagai desa percontohannya. Nanti di kuburan dan masjid akan kita pasangi lampu biar terang semuanya. Termasuk nantinya akan kita buatkan kolam renang di dekat lokasi tersebut,”janji Bupati dihadapan para wakil rakyat.

Kemudian, Kantor Dinas Lingkungan Hidup, untuk basecamp truk serta bengkelnya rencananya akan  dibangun di dekat lokasi TPA Bedagas, sehingga akan lebih memudahkan dalam menangani permasalahan sampah. (Hms – KB)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis