Headlines News :
purbalingga
Home » » Mantap Nih Aksinya Jejaring Saling Bantu!

Mantap Nih Aksinya Jejaring Saling Bantu!

Written By Kabare Bralink on Wednesday, March 28, 2018 | 1:08 PM


PURBALINGGA - Senyum merekah di wajah Ny. Merta, 60 tahun saat menerima bingkisan berupa beras dan uang tunai. "Alhamdulillah, terima kasih semoga dibalas dengan rejeki berlimpah ya, " katanya.

Perasaan bungah dicirikan dengan wajah sumringah, terpancar dari raut muka

Tak jauh dari situ puluhan orang berkerumun memilih baju, ada juga yang mengambil sekotak nasi. Setelah itu mereka membayar dengan mengisi uang kedalam kotak, jumlahnya seikhkasnya saja.

"Bajunya bagus-bagus, bahkan masih ada yang baru, bayarnya seikhlasnya saja, " ujar Wati, salah satu warga.

Jarak sekitar 10 meter ada ibu-ibu antre untuk pemasangan alat kontrasepsi. "Untuk yang paling banyak pemasangan alat kotrasepsi jenis implan, " kata Muji Barda salah satu bidan yang melayani.

Sebelah ruangan, ramai warga antri untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Setelah itu mereka juga mendapatkan pengobatan gratis, sesuai dengan diagnosa dokter.

Kemudian, bertempat di lapangan, riuh rendah anak-anak asyik bermain aneka permainan tradisional. Dalam satu ruangan kelas berhadapan dengan tanah lapang, puluhan anak-anak asyik mewarnai.

Itulah suasana bakti sosial Jejaring Saling Bantu (Jari Satu) yang digelar di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Bakti sosial tersebut diselenggarakan oleh Relawan Purbalingga Peduli.

"Ini adalah bakti sosial edisi ke - 8 yang kami laksanakan berkerjasama dengan berbagai elemen dan komunitas sosial di Purbalingga, " ujar Gunanto Eko Saputro, pengurus RPP kepada liputan6.com.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan diadakan rutin keliling Purbalingga. "Prioritas kami desa-desa yang masih kategori miskin sesuai dengan data pemerintah kabupaten, " ujar pria yang aktif di kegiatan lingkungan di Purbalingga itu.

Berbagai macam kegiatan dalam baksos merupakan sumbangan dari berbagai komunitas. Pemeriksaan dan pengobatan gratis bekerjasama dengan dokter dan rumah sakit, obatnya didukung oleh Ikatan Apoteker.
Untuk pemasangan implan bekerjasama dengan bidan dan Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana. Sementara bazar baju dan warung ikhlas merupakan kegiatan yang digerakan oleh komunitas.

Ada juga santunan anak yatim, lansia dhuafa, guru TPQ yang berasal dari donasi. Kemudian, ada juga permainan tradisional yang digawangi oleh Kampung Dolanan Perwira, juga asa lomba mewarnai dan motivasi anak yang digawangi oleh mahasiswa dan pendidik.

"Intinya kegiatan dalam baksos merupakan hasil jejaring dan saling bantu dari berbagai macam komunitas," kata Gunanto.

Martin Ujianto, Koordinator RPP menyatakan organisasi itu memang dibentuk dengan tujuan untuk mensinergikan berbagai macam komunitas sosial agar memiliki dampak poaitif yang lebih besar. "Kami ingin semua pihak yang peduli bisa berkontribusi dengan apa yang mereka mampu, satu orang mungkin dampaknya kecil akan tetapi jika berjejaring akan lebih besar efeknya, " ujar Ujianto.

Selain baksos, kegiatan rutin RPP adalah pendampingan pasien dan pelayanan ambulan gratis serta aksi sosial lainnya. "Kami punya perwakilan di masing-masing kecamatan, sehingga ketika ada permasalah sosial bisa segera diatasi dengan saling bantu dan kepedulian bersama," katanya.

Perangkat Desa Tanalum, Sutarno menyatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakatnya. "Kalau kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan dan ada kepedulian bersama, Insya Allah berbagai persoalan sosial di masyarakat bisa diatasi, " ujarnya.

(Kabare Bralink/Hms)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis