Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Pemda Siapkan Pembenahan Kawasan Wiasta Gokuse

Pemda Siapkan Pembenahan Kawasan Wiasta Gokuse

Written By Kabare Bralink on Saturday, March 3, 2018 | 4:13 PM


PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga tengah menyiapkan pembenahan kawasan wisata Goa Lawa, Kutabawa dan Serang (Gokuse). Pembenahan wisata ini difokuskan dengan memanfaatkan daya tarik Gunung Slamet. Selain pembenahan daya tarik Goa Lawa (Golaga), juga membangun daya tarik baru View Slamet dan Taman Langit.
           
Direktur Utama Perusahaan daerah (PD) Owabong), Drs Hartono yang menjadi tim kreatif pengembangan wisata Gokuse mengatakan, hal yang bisa dijual di jalur menuju puncak Gunung Slamet (3.428 m dpl) adalah view pemandangan yang bagus dan udara yang sangat segar. “Daya tari wisata View Slamet ini menjadi bagian dari tiga daya pikat baru di kawasan segitiga wisata Gokuse. Daya pikat itu yakni Festival Gunung Slamet, Goa Lawa dan pendakian gunung Slamet,” kata Hartono, Jum’at (2/3).
           
View Slamet dengan daya tarik Taman Langit mengajak wisatawan untuk menikmati suasana gunung. Sasarannya bisa wisata keluarga, pengunjung umum, perusahaan atau corporate. Di lapangan yang cukup luas sebelum pos I pendakian Gunung Slamet akan dilengkapi sejumlah fasilitas yang akan memanjakan wisatawan.  Fasilitas itu yakni gardu pandang, taman bunga indah, coffe shop berkelas dan backpaker, Hang coffe shop, resto gunung, safary tent resort, panggung konser, rock climbing, tree top, stasiun the pipe mountain coaster, ski rumput, mountain bike track, mountain horseing, klinik, penjualan perlengkapan gunung, pusat oleh-oleh, toilet, mushola, dan kantor manajemen.
           
“Dari lokasi yang disebut Taman Langit ini, menuju pos 1 akan dilengkapi dengan jalan berundak. Wisatawan yang tidak ingin menuju ke pos 1, cukup berada di kawasan taman langit ini,” kata Hartono.
           
Dikatakan Hartono, view Slamet dan Taman Langit ini merupakan daya tarik untuk mencari sensasi petualangan mendaki gunung. Selama ini, mendaki gunung kesannya hanya dilakukan oleh anak-anak muda, namun dengan pembenahan daya tarik view Slamet serta taman langit, kalangan keluarga bisa menikmatinya. “Kami berharap, pendaki dari kalangan keluarga bisa fun ketika mendaki gunung. Atau hanya sekedar menikmati sensasi bermalam dengan camping di gunung,” ujar Hartono.

Hartono juga mengatakan, paket wisata pendakian Gunung Slamet ini untuk melengkapi destinasi wisata di wilayah Purbalingga Utara. Destinasi yang sudah ada yakni Goa Lawa, Rest Area D’Las Serang, dan rencana destinasi wisata di Gunung Sumbul yang tengah digarap  investor Korea Selatan.

“Di kawasan Gokuse ini, wisatawan tidak saja dimanjakan menikmati daya tarik di D’Las, tetapi juga bisa menikmati daya tarik di pegunungan Sumbul yang tengah digarap oleh investor Korea Selatan, serta bisa menikmati taman bunga Kutabawa, taman langit, view Slamet dan Goa Lawa. Untuk Goa lawa, saat ini terus dibenahi, dan diharapkan pada libur lebaran mendatang sudah mulai ada perubahan yang semakin membuat pengunjung nyaman,” kata Hartono.

Hartono menambahkan, khusus untuk menuju wisata view Slamet dan Taman Langit,  wisatawan pendaki bisa melalui jalur jalan setapak melewati perkebunan tanaman sayur milik warga masyarakat. Jika wisatawan keluarga, nantinya akan dibuat jalur of road menggunakan kendaraan Jeep atau Hardtop seperti di Lava Tour Yogyakarta, atau di Tebing Breksi Sleman. Di sekitar view Slamet dan taman langit, nantinya juga akan dilengkapi lahan untuk parkir seluas satu hektar.

(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis