Headlines News :
purbalingga
Home » » Dusun yang Terisolir Diberi Bantuan Khusus

Dusun yang Terisolir Diberi Bantuan Khusus

Written By Kabare Braling on Monday, June 4, 2018 | 3:12 PM


PURBALINGGA - Rombongan Tim 2 Tarawih Keliling (Tarling) yang dipimpin oleh Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon, Sabtu (3/6) menyambangi Masjid At Taubat, Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang. Kegiatan Tarling ini salah satunya bertujuan sebagai wadah penyerapan aspirasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat terkait program-program pembangunan dari Pemeriah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon menyampaikan Desa Sidareja ini merupakan salah satu dari 45 desa di Kabupaten Purbalingga yang berzona merah, yakni dengan tigkat kemiskinan tinggi. Salah satu penyebabnya yaitu adanya salah satu wilayah/dusun yang masih terisolir, yaitu dusun Jomblang.

Dusun Jomblang untuk menuju pusat Desa Sidareja sendiri harus menyeberang Sungai Gintung selebar 75 meter dan belum terdapat jembatan. Itupun warga hanya berani menyeberang ketika sungai sedang surut. Satu satunya jalur darat yang bisa dilalui yaitu ke desa sebelah, yaitu Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar meski harus menempuh jalan yang tidak dekat.

Sebelumnya saya pernah survei dengan Pak Kades kalau di sini ternyata masih ada dusun yang terisolir, yaitu Dusun Jomblang. Ini susah keluar dari zona merah kalau masih ada daerah yang terisolir,” kata Wabup Tiwi.

Meskipun belum ada langkah besar pembangunan jembatan tahun ini, namun pada Tarling kali ini Pemkab Purbalingga memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Bantuan tersebut bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur khususnya jalan akses di Dusun Jomblang.

Pada kesempatan kali ini, saya dan Pak Bupati memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Desa Sidareja sebesar Rp 100 juta. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk akses jalan disana,” katanya.

Berdasarkan data dari Pemerintah Desa Sidareja, saat ini desa tersebut mendapatkan alokasi dari APBD Kabupaten Purbalingga berupa Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 433.735.000, alokasi dari pemerintah pusat berupa Dana Desa (DD) sebesar Rp 957.188.000. Selain itu, Desa Sidareja juga memiliki alokasi dana hibah sebesar Rp 90.800.000. Dana hibah tersebut diantaranya digunakan untuk membangun RKB Madin Raudlatul Mubtadiin, TK Pertiwi Sidareja dan PAUD TPQ Maskanul Ikhsan.

Tidak ketinggalan juga, setiap kegiatan Tarling yang dilakukan Wabup Tiwi tahun ini selalu mensosialisasikan akan adanya pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Terkait Pemilu yang akan terselenggara 27 Juni mendatang ini, Ia meminta agar masyarakat untuk berpartisipasi memberikan hak suaranya.

Bagi yang sudah punya hak pilih, silahkan nanti bisa berbondong-bondong untuk datang ke TPS untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur,” katanya mengingatkan.

(Kabare Bralink/Hms)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis