Headlines News :
purbalingga
Home » » Cara Lain MPLS SMK N Bojongsari, Undang BNNK Purbalingga

Cara Lain MPLS SMK N Bojongsari, Undang BNNK Purbalingga

Written By Kabare Bralink on Tuesday, July 17, 2018 | 8:26 PM

PURBALINGGA - Dalam rangka MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMK N Bojongsari, pihak sekolah tersebut mengundang BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten) Purbalingga, Senin (16/7) di aula sekolah. Diundangnya BNNK Purbalingga untuk memberikan penyuluhan bahaya narkoba dan jangan sampai peserta didik baru berani mencobanya karena ada berbagai resiko yang harus ditanggung.

Hadir mewakili kepala BNNK Purbalingga yaitu bagian Humas, Awan Pratama. Mengawali paparannya, awan mengatakan narkoba adalah barang mahal yang sulit didapat. Berdasarkan data,  harga 1 gram shabu di Purbalingga mencapai Rp 1 hingga 2 juta. Oleh sebab itulah tak jarang bagi pengguna yang sudah pada taraf pecandu namun minim financial akan melakukan segala cara termasuk mencuri untuk memenuhi kecanduannya itu.

“Di Purbalingga harga narkotika jenis shabu sangat mahal apalagi untuk seukuran anak sekolah. Kemungkinan kecil anak sekolah bisa membelinya. Tapi jika sudah kecanduan, apapun bisa dilakukan,” kata Awan.

Awan menambahkan, sulitnya akses bagi para pengguna mendapatkan barang haram tersebut mengharuskan mereka bersinggungan dengan sindikat gelap pengedar narkoba. Hal itu menurutnya akan sangat beresiko karena sindikat gelap narkoba bisa dikenai pasal ekstra ordinary crime yang bisa dijatuhi hukuman berat.

“Sekali lagi jangan coba-coba. Jika kalian berdekatan dengan para pengedar, kalian bisa dijatuhi hukuman yang berat bahkan sampai hukuman mati jika kalian terbukti mengedarkan dengan jumlah yang banyak,” imbuhnya.

Awan mewanti betul para peserta penyuluhan untuk menjauhi narkoba. Dia menuturkan, selain akan berurusan dengan hukum, pecandu atau pengguna akan sangat rentan dengan berbagi penyakit seperti HIV/AIDS.  Penggunaan jarum suntik secara bergantian dan hubungan seks bebas yang rentan bagi pengguna narkoba sangat rentan akan penyebaran virus HIV/AIDS.

“Hati-hati. Narkoba bisa menyebabkan penyakit yang lain seperti HIV/AIDS. Pergaulan bebas yang identik juga dengan pengguna narkoba sangat beresiko akan penyebaran virus tersebut,” paparnya.

Namun, jika ada seorang khususnya di Purbalingga telah menjadi pecandu, BNNK menyarankan agar segera melapor ke pihak terkait termasuk BNNK Purbalingga. BNNK akan memfasilitasi rehabilitasi pecandu narkoba tergantung tingkat kecanduannya. BNNK memperingatkan jika pecandu tidak melapor dikhawatirkan akan tertangkap terlebih dahulu oleh pihak berwenang dan dijatuhi hukuman sesuai undang-undang.

(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis