Headlines News :
purbalingga
Home » » Kegiatan Outdoor Pada Jambore Daerah Jateng, Seru dan Mampu Melatih Keberanian Anak

Kegiatan Outdoor Pada Jambore Daerah Jateng, Seru dan Mampu Melatih Keberanian Anak

Written By Kabare Bralink on Wednesday, July 4, 2018 | 4:21 PM


PURBALINGGA - Jamda (Jambore Daerah) SD/MI Jawa Tengah ke-4 di Bumi Perkemahan, Munjuluhur Purbalingga memasuki hari kedua. Di hari yang kedua panitia menekankan pada kegiatan motorik bagi para peserta yang berasal dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Ada macam-macam permainan yang merangsang motorik mereka seperti panjat tebing, turun tebing, halang rintang, keluar masuk tong dan permainan lain yang mengasah ketangkasan.

Saat ditemui pada Selasa siang (3/7), Saptoyo salah satu anggota Kwarda mengatakan, semua kegiatan motorik tersebut untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri dari peserta jamboree. Menurutnya, keberanian serta kepercayaan diri anak perlu dirangsang agar di kehidupan nyata mereka bisa mengatasi masalah dengan tidak canggung dan tidak menggantungkan kepada orang lain.

Kegiatan semacam ini akan melatih keberanian anak agar di tengah masyarakat dan di kehidupan nyata mereka bisa mengatasi masalah mereka sendiri dengan kepercayaan diri yang tinggi,” kata Saptoyo.

Dirinya menambahkan, gadget yang menjadi trend zaman sekarang berpengaruh besar pada sikap bersosial dan membuat anak malas bergerak. Lebih lanjut dia memaparkan, anggota harus melek teknologi terlebih di zaman yang serba canggih ini. Namun, anggota pramuka harus pula memegang teguh prinsip kepramukaan yang harus pandai bergaul secara social.

Anggota pramuka jangan anti teknologi. Namun, harus dipilah dan dibatasi penggunaan gadget agar tetap bisa beraktivitas di luar,” imbuhnya.

Salah satu permainan yang wajib diikuti adalah panjat dinding. Dalam permainan tersebut, peserta yang awalnya merasa canggung dan takut perlahan menikmati. Pemateri sekaligus guide panjat dinding yang didatangkan panitia khusus dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) cabang Purbalingga, Mitri Sulasmi mengaku senang dengan antusiasme peserta. Dia menuturkan, olahraga panjat tebing bisa dikenal salah satunya dengan kegiatan pramunya. Dirinya mengaku, selama ini olahraga panjat tebing belum banyak diminati khususnya di Purbalingga.

Dengan adanya acara seperti ini, olahraga outdoor bisa mulai digemari dan kami berterima kasih pada panitia yang mengenalkan olahraga ini kepada anak,” pungkas wanita yang juga berprofesi sebagai guru ini.

(Kabare Bralink/Hms)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis