Headlines News :
purbalingga
Home » » KPUD Purbalingga Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Pilgub Jateng 2018. Bagaimana Hasilnya?

KPUD Purbalingga Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Pilgub Jateng 2018. Bagaimana Hasilnya?

Written By Kabare Braling on Saturday, July 7, 2018 | 12:35 PM

PURBALINGGA - Sampai dengan pukul 13.00 WIB, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sudirman Said-Ida Fauziah unggul tipis atas pasangan Ganjar-Yasin. Keunggulan Sudirman Said-Ida Fauziah di Purbalingga terungkap saat rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa tengah 2018 tingkat KPU Purbalingga, Kamis (5/7) di aula KPUD Purbalingga.

Ketua KPUD Purbalingga, Sri Wahyuni mengatakan, rekapitulasi tingkat Kabupaten merupakan hasil dari rekapitulasi di tingkat Kecamatan. Artinya hasil rapat pleno di tingkat Kecamatan dibacakan di KPUD Purbalingga. Hadir dalam kesempatan tersebut, Panwaslu Purbalingga, saksi dari kedua pasangan calon dan jajaran forkopimda.

"Rekapitulasi hari ini adalah hasil dari rekapitulasi di tingkat Kecamatan yang telah dilakukan di 18 Kecamatan," katanya.

Dia menambahkan, jika nantinya ada perselisihan, pihaknya mempersilahkan untuk mengajukan kepada KPUD Purbalingga tentunya dengan prosedur yang ada. KPUD Purbalingga siap menghadapi gugatan dari masing-masing paslon.

"Silahkan untuk mengajukan gugatan kepada KPUD jika ada suatu perselisihan baik administrasi maupun penghitungan," tambahnya.

Sampai dengan pukul 13.00 WIB memasuki masa istirahat rekapitulasi, sudah 6 Kecamatan yang dihitung. Kecamatan Kemangkon, Bukateja, Kejobong, Kaligondang, Kalimanah dan Purbalingga telah membacakan hasil rekapitulasinya di depan peserta rapat pleno penghitungan pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018.

Di Kecamatan Kemangkon, Paslon Nomor 1 (Ganjar Pranowo-Taj Yasin) memperoleh 11. 941 suara, sedangkan Paslon nomor 2 (Sudirman Said-Ida Fauziah) memperoleh 21. 445 suara. Sehingga total suara sah di Kecamatan Kemangkon sebanyak 33. 386 suara.

Di Kecamatan Bukateja, Paslon nomor 1 memperoleh 16. 297 suara dan Paslon nomor 2 memperoleh 21. 633 dengan total suara sah 37. 930 suara. Untuk Kecamatan Kejobong, palon nomor 1 memperoleh 9. 673 suara dan Paslon nomor 2 mendapat 13. 240 suara dengan total suara sah 22. 913 suara.

Di Kecamatan Kaligondang, paslon nomor 1 memperoleh 15. 262 suara dan Paslon nomor mendapat 18. 080 suara dengan total suara sah 33. 342 suara. Untuk Kecamatan Purbalingga, Paslon nomor 1 unggul dengan 16. 065 suara dibanding Paslon nomor 2 yang memdapat 14. 144 suara dengan total suara sah sebanyak 30. 209 suara. Di Kecamatan Kalimanah, Paslon nomor 1 mendapat 14. 181 suara dan Paslon nomor 2 mendapat 14. 988 suara dengan total suara sah sebanyak 29. 169 suara.

Ketua Panwaslu Purbalingga, Imam Nurhakim menyoroti tentang perbedaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada penyandang disabilitas. Hasil itu diperoleh karena adanya perbedaan angka antara rapat pleno penetapan DPT yang telah lalu dengan jumlah yang terdaftar setelah pencoblosan. Dirinya memberi catatan dan rekomendasi agar di masa mendatang DPT lebih dimatangkan terlebih bagi para penyandang disabilitas.

“Kami merekomendasikan agar di masa mendatang KPUD lebih cermat lagi dalam menetapkan DPT terlebih pada penyandang disabilitas,” ujar Imam.

Sampai berita ini diturunkan, KPUD Purbalingga masih melakukan rekapitulasi penghitungan. Sebelumnya telah beredar hasil quick count dari beberapa lembaga. Namun KPUD berharap agar masyarakat tetap menunggu hasil resmi dari KPUD.

(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis