Headlines News :
purbalingga
Home » » Tahun Ajaran 2018/2019 SMK N 1 Kaligondang Buka Jurusan Baru

Tahun Ajaran 2018/2019 SMK N 1 Kaligondang Buka Jurusan Baru

Written By Kabare Bralink on Tuesday, July 17, 2018 | 8:45 PM

PURBALINGGA – Dimulainya Tahun Pelajaran 2018/2019, SMK Negeri 1 Kaligondang membuka jurusan baru yakni Teknik Manajemen dan Perawatan Otomotif (TMPO). Sebelumnya di SMK N 1 Kaligondang terdapat tujuh kompetensi keahlian, kemudian ditambah satu kompetensi keahlian sehingga SMK N 1 Kaligondang saat ini memiliki 8 kompetensi keahlian.

“Kita dari tahun ke tahun sama, cuma tahun kemarin itu kompetensi keahlian atau program studi keahlian itu ada tujuh tapi tahun ini ada satu program keahlian baru yakni TMPO,” kata Kepala SMK N 1 Kaligondang, Budi Santoso saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/7).


Masa belajar TMPO sendiri berbeda dengan kompetensi keahlian yang lain yakni selama empat tahun. Budi menjelaskan nantinya siswa jurusan TMPO akan mengikuti kegiatan teori selama tiga tahun ditambah satu tahun untuk melakukan proses magang di industri.

“Jadi kalau ujiannya sama mengikuti ujian seperti halnya siswa yang selesai tiga tahun, nah hanya nanti pada saat anak melaksanakan praktek magang di industri selama satu tahun, setelah itu anak anak tersebut akan mengikuti ujian kompetensi,” terangnya.

SMK N 1 Kaligondang sendiri merupakan salah satu sekolah yang mempunyai lembaga sertifikat profesi. Sehingga uji kompetensi yang berlaku bagi siswa yang mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama empat tahun ini memungkinkan juga berlaku pada dunia industri tempat magang siswa tersebut.

“Nah uji kompetensi yang bagi siswa yang empat tahun ini memungkinkan juga oleh dunia industri tempat  yang bersangkutan magang,” ujar Budi.

Budi mengutarakan ketika penambahan kompetensi keahlian di SMK N 1 Kaligondang, pihaknya tidak khawatir kekurangan pendidik yang akan mengajar. Karena Pengajar TMPO sama dengan pengajar Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO).

“Yang jelas pada saat ada jurusan TMPO berarti dahulunya jurusan TKRO, guru TKRO kan saat ini ada 14 karena tidak beda jauh antara TKRO dengan TMPO pendidiknya salah satunya dari guru TKRO, sehingga tidak terjadi masalah,” tegasnya.

Dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK N 1 Kaligondang menerima sejumlah 612 siswa dari 691 siswa yang mendaftar dan terbagi ke dalam delapan kompetensi keahlian. Delapan kompetensi keahlian tersebut yakni  tiga kelas TKRO, tiga kelas teknik pemesinan, 4 kelas akuntansi dan keuangan lembaga, dua kelas multimedia, dua kelas teknik dan bisnis sepeda motor, satu kelas desain grafika, satu kelas pengelasan, serta yang terakhir satu kelas TMPO.

“Jadi total keseluruhan untuk Tahun Ajaran 2018/2019 SMK N 1 Kaligondang menerima 17 kelas, hingga sekarang total rombongan belajar (rombel) dari kelas X, XI, dan XII itu ada 51 rombongan belajar,” jelas Budi.

(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis