Headlines News :
purbalingga
Home » » Satlantas Polres Purbalingga Adakan Pembagian Air Bersih untuk Rayakan HUT Polantas ke 63

Satlantas Polres Purbalingga Adakan Pembagian Air Bersih untuk Rayakan HUT Polantas ke 63

Written By Kabare Braling on Wednesday, August 22, 2018 | 1:18 PM

PURBALINGGA – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke 63 Tahun 2018, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga mengadakan program Polantas Peduli Pembagian Air Bersih. Program ini dilaksanakan di salah satu desa di Kabupaten Purbalingga yang terdampak kekeringan.

“Kami jajaran Satlantas Purbalingga bekerjasama dengan PMI kemudian dengan PDAM dan Dewan bersama-sama datang ke Desa Karangmalang, Kecamatan Bobotsari untuk memberikan bantuan air bersih,” kata Kepala Satlantas Polres Purbalingga, Sukarwan saat ditemui di Desa Karangmalang, Kecamatan Bobotsari di sela-sela kegiatan Pembagian Air Bersih, Selasa (21/8).

Pembagian air bersih ini menurut Sukarwan dimaksudkan untuk meringankan beban warga Desa Karangmalang yang sudah hampir dua bulan ini terdampak kekeringan. Satlantas Polres Purbalingga menyiapkan enam tangki air bersih untuk dibagikan kepada masyarakat Desa Karangmalang.

“Kalaupun masih ada kekeringan kami siap membantu masyarakat di wilayah kita yang dilanda kekeringan,” ujarnya.

Adanya pembagian air bersih di Desa Karangmalang rupanya membuat masyarakat senang dan antusias menyambut kehadiran Satlantas Purbalingga. Salah satu warga Desa Karangmalang, Turiyah (45) mengungkapkan rasa syukurnya bisa mendapatkan air bersih lagi.

“Bersyukur, Alhamdulillah ada air bersih lagi jadi gak perlu susah-susah ke sungai buat ambil air,” ungkap Turiyah.

Ia menuturkan sejak dua bulan ini ia dan suaminya mengambil air di sungai clawing yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalnya. Air yang didapatkannya untuk sekedar mencuci dan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) tidak begitu jernih, sehingga untuk memasak kebutuhan sehari-hari ia mengandalkan bantuan air bersih.

“Satu-satunya cara ya ke kali (sungai, Red)walaupun kotor paling ya cuma bisa buat mandi, nyuci,” terangnya.

Sebetulnya ada cara lain selain pergi ke sungai untuk mencari air di samping menunggu bantuan air bersih yakni dengan membeli air bersih. Hanya saja menurut Turiyah hal tersebut membebankan bagi warga yang secara ekonomi tidak mampu.

“Saya biasanya menunggu pembagian air bersih, saya menyiapkan lima ember air kalau ada droping air bersih dari Pemkab Purbalingga,” tutur Turiyah.

Pembagian air bersih oleh Satlantas Purbalingga juga disambut baik oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Karangmalang. Plt Kepala Desa Karangmalang, Aris Mulyanto menyampaikan apresiasi pada Satlantas Polres Purbalingga yang sudah melaksanakan kegiatan droping air bersih di wilayah Desa Karangmalang.

“Karena memang wilayah kami sekitar dua bulan itu kekurangan air bersih yang rata-rata satu hari droping sampai 14 tangki armada air,” jelas Aris.

Di Desa Karangmalang sendiri ada empat dusun dengan total warga hampir 6000 ribu penduduk yang sudah terdampak kekurangan air bersih. Selain itu, pertanian Desa Karangmalang seluas 140 hektar, 90 hektarnya sudah terancam gagal panen.

“Karena kondisi lahan pertanian sudah bergeser, ada pergeseran tiga sampai lima cm,” imbuhnya.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis