Headlines News :
purbalingga
Home » , » Batik Carnival Purbalingga, Ajang Tingkatkan Popularitas Batik Lokal

Batik Carnival Purbalingga, Ajang Tingkatkan Popularitas Batik Lokal

Written By Kabare Braling on Tuesday, October 30, 2018 | 12:46 PM


PURBALINGGA - Pemkab Kabupaten Purbalingga berkerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Purbalingga menggelar Batik Carnival 2018, Sabtu sore (27/10). Batik Carnival Purbalingga merupakan peragaan batik lokal khas Purbalingga dengan desain kreasi busana atau kostum yang menarik pada Peringatan Hari Batik Nasional Tingkat Kabupaten Purbalingga.

Meningkatkan popularitas batik lokal dan memberikan wadah bagi desainer dan pengrajin batik purbalingga berkarya,” kata Edi Suryono, selaku panitia Batik Karnival 2018.

Acara itu dihardiri sebanyak 65 peserta yang merupakan perwakilan dari OPD, Kecamatan, BUMD, dan Sekolah. Edi mengatakan selain menarik, kostum yang dikenakan peserta juga membawa pesan tersirat.

Ada yang mengenakan batik dikombinasikan dengan Gunung Slamet sebagai salah satu ikon Kabupaten Purbalingga, ada batik yang bercorak dengan hasil bumi di daerahnya, juga pesan informasi seperti Dinas Kesehatan yang membawakan kostum batik dikombinasikan dengan buah untuk mensosialisasikan program Germas,” tambahnya.

Edi menambahkan, kami juga menggelar kontes foto instagram terkait Batik Carnival 2018. Kontes foto tersebut dimaksud untuk untuk menyasar kaum milenial melalui sosial media instagram. “Jadi mereka lebih tahu, sekaligus bangga terhadap batik lokal, dan akhirnya tumbuh kepedulian dan ikut melestarikan budaya batik, khususnya batik khas Purbalingga. Pengumuman juaranya tanggal 10 November nanti,” katanya.

Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengapresiasi kegiatan tesebut. Ia akan terus mendorong pembatik di Kabupaten Purbalingga untuk terus memunculkan ide kreatif dan selalu berinovasi. “Corak Batik Goa Lawa telah sukses menjadi tren, lomba desain batik motif Wayang Suket yang kita adakan beberapa waktu yang lalu juga diharapakan juga mampu menjadi masterpiece batik Purbalingga. Ini dimaksudkan untuk memperkaya motif batik khas purbalingga,” ungkapnya.

Sementara itu, Hasil dari Lomba Batik Carnival 2018 yaitu Juara 1 Perwakilan dari Bank Jateng, Juara 2 BPR BKK Purbalingga, kemudian juara 3 diraih SMK Negeri Bojongsari. Untuk juara harapan 1 sampai harapan 3 masing-masing diraih peserta dari PD Owabong, Inspektorat dan BKPPD. Panitia juga memilih juara favorit yang diraih peserta nomor tampil 1 yakni dari Kecamatan Bojongsari.

Desain Kostum Perwakilan Bank Jateng mampu mempresentasikan salah satu tokoh pewayangan, selain itu telah memenuhi kriteria pengunaan batik khas Purbalingga 70%. Performannya bagus, simple, rapi dan elegan,” kata Arif Sono Candra, salah satu juri lomba Batik Carnival 2018.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis